Kamis, 01 November 2012
RPP ( MANUSIA DAN UDARA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Lingkungan Hidup
Kelas/Semesteer :
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit ( 1 x pertemuan )
A. Standar Kompetensi
Memahami keterkaitan antara manusia dan udara (atmosfer)
B. Kopetensi Dasar
Memahami pentingnya udara bagi kehidupan.
C. Tujuan Pembelajaran
• Siswa dapat menjelaskan kebutuhan udara dalam kehidupan organisme
• Siswa dapat menjelaskan mengenai atmosfir bumi
• Siswa dapat menjelaskan pengelolaan udara
• Siswa dapat menjelaskan pencemaran udara
• Siswa dapat menjelaskan tujuh pencemaran utama
• Siswa dapat menjelaskan pengertian hujan asam
• Siswa dapat menjelaskan terjadinya penipisan lubang ozon
• Siswa dapat menjelaskan program pengendalian pencemaran
D. Materi Pembelajaran
Manusia dan udara (atmosfer)
E. Model dan Metode Pembelajaran
• Pendekatan pembelajaran yang digunakan : pendekatan proses, kontekstual, pembelajaran langsung, pemecahan masalah.
• Metode yang digunakan : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Penugasan.
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
• Orientasi :
Memberikan ilustrasi materi yang akan dipelajari.
• Apersepsi :
Memberikan persepsi awal kepada peserta didik tentang materi yang akan dipelajari.
• Motivasi :
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari Manusia dan udara (atmosfer).
2. Kegiatan inti
Eksplorasi :
Guru meminta siswa untuk menjelaskan tentang Manusia dan udara (atmosfer)
Siswa menjelaskan kebutuhan udara dalam kehidupan organisme
Siswa menjelaskan mengenai atmosfir bumi
Siswa menjelaskan pengelolaan udara
Siswa menjelaskan pencemaran udara
Siswa menjelaskan tujuh pencemaran utama
Siswa menjelaskan pengertian hujan asam
Siswa menjelaskan terjadinya penipisan lubang ozon
Siswa menjelaskan program pengendalian pencemaran
Elaborasi :
• Memberi kesempataan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut
• Siswa bersama dengan guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pengertian manusia dan udara (atmosfer)
• Melakukan kegiatan
• Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
Konfirmasi :
• Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
• Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan.
3. Kegiatan Penutup
• Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian indikator, pencapaian kompetensi dan kompetensi dasar.
• Siswa dan guru membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
G. Sumber atau Bahan Belajar :
Buku paket pendidikan Lingkungan Hidup
H. Penilaian
Indikator Pencapain Kompetensi Teknik penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/soal
Menjelaskan semua komponen-komponen manusia dan udara. Tes tertulis Uraian, Essay Menjelaskan komponen-komponen manusia dan udara:
• jelaskan apa saja kebutuhan udara dalam kehidupan organisme
• jelaskan pengertian atmosfir bumi
• jelaskan cara pengelolaan udara
• sebutkan macam-macam pencemaran udara
• sebutkan tujuh pencemaran utama
• jelaskan pengertian hujan asam
• jelaskan bagaimana terjadinya penipisan lubang ozon
• sebutkan program pengendalian pencemaran
Mengetahui, Bogor, 18 Oktober 2012
Kepala Sekolah. Guru Kelas.
( ) ( )
NIP. NIP.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar